Istilah – istilah dalam internet

1. Backbone – Jalur berkecepatan tinggi atau satu seri koneksi yang menjadi jalur utama dalam sebuah network.
2. Bandwidth – Besaran yang menunjukkan banyaknya data yang dapat dilewatkan di suatu saluran komunikasi pada network dalam satuan waktu tertentu.
3. bps – Bit Per Seconds. Ukuran yang menyatakan seberapa cepat data dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain.
4. Browser – Sebutan untuk perangkat lunak (software) yang digunakan untuk mengakses World Wide Web
5. Byte – Sekumpulan bit yang merepresentasikan sebuah karakter tunggal.
6. Chat – dapat diartikan sebagai kegiatan komunikasi melalui sarana baris-baris tulisan singkat yang diketik dan melalui internet.
7. Download – menyalin data dari sebuah komputer yang terhubung dalam sebuah network ke komputer lokal.
8. Email – Electronic Mail. Pesan teks, yang dikirimkan dari satu alamat ke alamat lain di jaringan internet.
9. FTP – File Transfer Protocol. Protokol standar untuk kegiatan lalu-lintas file (upload maupun download) antara dua komputer yang terhubung dengan jaringan internet.
10. Gateway – adalah sebuah mekanisme yang menyediakan akses ke sebuah sistem lain yang terhubung dalam sebuah network.

11. Home Page/Homepage – Halaman muka dari sebuah situs web. HTML – Hypertext Markup Language, merupakan salah satu varian dari SGML yang dipergunakan dalam pertukaran dokumen melalui protokol HTTP.
12. HTTP – Hyper Text Transfer Protocol, protokol yang didisain untuk mentransfer dokumen HTML yang digunakan dalam World Wide Web.
13. IP Address – (Internet Protocol), yaitu sistem pengalamatan di network yang direpresentasikan dengan sederetan angka berupa kombinasi 4 deret bilangan
14. Login – Pengenal untuk mengakses sebuah sistem yang tertutup,
15. Mailing List – , yaitu sebuah alamat email yang digunakan oleh sekelompok pengguna internet untuk melakukan kegiatan tukar menukar informasi.
16. Network – adalah sekumpulan dua atau lebih sistem komputer yang digandeng dan membentuk sebuah jaringan.
17. Upload – Kegiatan pengiriman data dari komputer lokal ke komputer lainnya yang terhubung dalam sebuah network.
18. URL – Uniform Resource Locator.
19. WAP – Wireless Application Protocol. Standar protokol untuk aplikasi wireless.
20. Webmail – Fasilitas pengiriman, penerimaan, maupun pembacaan email melalui sarana web.
21. Wi-Fi – Wireless Fidelity. Standar industri untuk transmisi data secara nirkabel (wireless) yang dikembangkan menurut standar spesifikasi IEEE 802.11.
22. World Wide Web – Sering disingkat sebagai WWW atau “web” saja, yakni sebuah sistem dimana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, dan lain-lain dipresentasikan dalam bentuk hypertext dan dapat diakses oleh perangkat lunak yang disebut browser.
23. Teleconference adalah pertemuan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang dilakukan melewati telefon atau koneksi jaringan. Pertemuan tersebut dapat menggunakan suara atau menggunakan video yang memungkinkan peserta konferensi saling melihat.
24. Teleconference adalah pertemuan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang dilakukan melewati telefon atau koneksi jaringan. Pertemuan tersebut dapat menggunakan suara atau menggunakan video yang memungkinkan peserta konferensi saling melihat.
25. Spam praktek pengiriman pesan komersial atau iklan kepada sejumlah besar news group atau email yang sebetulnya tidak berkeinginan atau tidak tertarik menerima pesan tersebut.
26. E-coomerce (electronic commerce) adalah bisnis yang transaksinya dilakukan dengan bantuan jaringan komputer secara online.
27. VPN – Virtual Private Network. sebuah network yang sebagian diantaranya terhubung dengan jaringan internet, namun lalu lintas data yang melalui internet dari network ini telah mengalami proses enkripsi (pengacakan). Hal ini membuat network ini secara virtual “tertutup” (private)
28. UUENCODE – Unix to Unix Encoding. Sebuah metode untuk mengkonfersikan file dalam format Biner ke ASCII agar dapat dikirimkan melalui email.
29. Telnet – Perangkat lunak yang didesain untuk mengakses remote host dengan terminal yang berbasis teks, misalnya dengan emulasi VT100.
30. SMTP – Simple Mail Transfer Protocol. Protokol standar yang digunakan untuk mengirimkan email ke sebuah server di jaringan internet. Untuk keperluan pengambilan email.
31. PPP – Point to Point Protocol. Sebuah protokol TCP/IP yang umum digunakan untuk mengkoneksikan sebuah komputer ke internet melalui saluran telepon dan modem.
32. Intranet – Sebuah jaringan privat dengan sistem dan hirarki yang sama dengan internet namun tidak terhubung dengan jaringan internet dan hanya digunakan secar internal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s